close

Februari 28, 2016

Anda Kreatif, Pasti Dilirik

Kreatifi tas adalah bentuk khusus dari pemecahan masalah, dan setiap orang dilahirkan dengan bakat tertentu. --Sandra Moriarty, Advertising—

Tiga wanita kembar (Nicola, Jaclyn, dan Erica) asal Amerika Serikat hamil secara bersamaan. Mereka juga menggunakan busana yang seragam. Hal yang membuat saya tertawa yaitu ketika ketiga anak mereka sama-sama berjenis kelamin perempuan. Ketiga wanita ini tampil pada program talk show yang dipandu Rachaelray yang ditayangkan di stasiun MetroTV, Rabu, 24 Agustus 2011 sekira pukul 02.30 WIB. 

Apa hubungannya dengan kreatif? Awalnya saya juga tidak mau menulis cerita ketiga wanita kembar itu dalam paragraf pertama tulisan dengan tema kreatif. Namun, setelah mengikuti acara tersebut, ternyata ketiga wanita itu memiliki sifat terbuka terhadap sebuah realitas. 

Nah, kreatif menurut Sandra Moriarty dan kawan-kawan dalam bukunya yang berjudul Advertising, erat kaitannya dengan seberapa terbukanya kita pada pengalaman baru. Meyambung cerita ketiga wanita kembar itu, di ujung acara ternyata ketiga wanita kembar itu membagi-bagikan tips dan trik mengenai cara mengelola dan menjaga kandungan termasuk produk yang dianggap aman untuk sang balita. Ini berbeda dengan apa yang dilakukan orangtuanya saat mereka lahir. Saya, Anda, dan kita semua kalau ingin dilirik publik atau konsumen maka harus kreatif. 

Kreatif bukan hanya dalam bentuk pergerakan fi sik, melainkan bisa menjalar ke seputar ide atau gagasan, pola pikir, dan perasaan. Albert Einstein, Iwan Fals (penyanyi legendaris), Bil Gates (penemu Microsoft), dan terakhir Mark Zuckerberg (penemu jejaring sosial Facebook), mereka adalah orang-orang kreatif di bidangnya masing-masing. Masih banyak lagi contoh orang-orang kreatif di sekeliling kita. Diri kita tidak akan laku dijual jika tidak memiliki daya tarik, dan daya tarik itu adalah kreatifitas sesuai dengan bakat kita masing-masing. 

Dalam dunia periklanan, kepribadian yang kreatif sangat dibutuhkan karena dunia periklanan adalah dunia kreatif. Rhenald Kasali, doktor ekonomi Universitas Indonesia mengatakan, ditinjau dari sudut pandang mana pun, kreatifitas tidak bisa lepas dari pemasaran. Apa yang ada di dalam kreatif akan menentukan keberhasilan menjual produk. Dalam konteks menjual diri, menurut penulis, isi kreatifitaspun sangat menentukan laku atau tidaknya diri kita dijual. BJ Habibie misalnya, mantan Presiden RI ini diterima di perusahaan penerbangan luar negeri. 

Beliau kreatif dengan bidangnya. Contoh lain adalah Helvy Tiana Rosa, Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) angkatan pertama ini juga masuk dalam kategori orang kreatif dalam bidang penulisan, khususnya novel Islami. Berkat kreatifitasnya, mereka dilirik oleh publik untuk dipakai dalam berbagai kepentingan baik konteks sosial maupun profit orientied. 


Terakhir saya kutip tiga tahapan perumusan strategi kreatif menurut Gilson dan Berkman, sebagaimana dikutip Rhenald Kasali dalam bukunya Manajemen Periklanan. Ketiga tahapan itu adalah mengumpulkan dan mempersiapkan informasi pemasaran yang tepat agar orang-orang kreatif bisa segera menyusun strategi. Kedua, orang-orang kreatif harus membenamkan diri dalam informasi tersebut, dan terakhir adalah melakukan presentasi kepada publik dalam hal ini calon konsumen. 









Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com