close

Februari 28, 2016

Hitung Menghitung, Andai Unggul Survei Akankah Golkar Usung Airin?
Sampai tulisan ini diturunkan (Jumat, 26/02/2016), Partai Golkar belum resmi mengumumkan siapa yang akan diusung pada Pilgub Banten. Meskipun sudah ada dua nama kader Golkar yang mulai muncul di permukaan, namun hal itu belum bisa dijadikan angka pasti siapa yang akan diusung Golkar. Seperti diketahui, dua kader Golkar yaitu Andika Hazrumy dan Tantowi Yahya telah turun gelanggang untuk mengukur sejauhmana penerimaan pemilih terhadap mereka.

Namun demikian, dua orang tersebut ternyata belum bisa meyakinkan Golkar untuk segera memutuskan siapa yang akan diusung pada Pilgub Banten kali ini. Diketahui, Partai Golkar biasanya selalu mengacu pada hasil survei popularitas dan elektabilitas kader yang akan diusung. Dan sejauh ini, hasil survei belum dipublikasikan secara resmi olah Golkar.

Selain dua nama yang kini telah ramai, muncul juga nama Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan yang baru saja sukses menjadi juara bertahan dalam perebutan kursi Walikota Tangsel beberapa waktu lalu. Politik serba mungkin dan dinamis, apalagi partai masih memiliki waktu yang relatif panjang untuk memutuskan siapa yang akan dijagokan.

Tentu aspek kemenangan menjadi faktor utama bagi partai ketika hendak mengusung calon. Nama Airin sepertinya cukup popular, bukan hanya di Kota Tangerang Selatan tetapi juga di sejumlah wilayah di Propinsi Banten. Lalu akankah Golkar mengusung Airin yang baru saja sukses menerima tugas partai untuk mempertahankan kursi Walikota Tangsel?

Lagi-lagi jawabannya hal itu mungkin saja. Kendati belum ada pengumuman resmi dari partai, tapi sepertinya popuaritas Airin bisa mengimbangi kedua nama yang telah muncul yaitu Tantowi Yahya dan Andika. Pilihan Airin jika dilihat dari rasionalitas cukup masuk dibandingkan nama Tatu Chasanah. Bukan masalah popularitasnya, namun lebih kepada pertimbangan dalam menjaga jejaring di wilayah.

Airin memiliki Wakil bukan dari kalangan partai sehingga dinilai lebih aman dibandingkan dengan Tatu yang memiliki wakil dari perwakilan partai, apalagi Pandji Tirtayasa resmi menjadi kader PDI Perjuangan, dimana Rano Karno  beranung. Lagi-lagi ini hanya analisa orang luar dan tentu yang paling mengerti adalah orang Golkar sendiri, apalagi mereka cukup banyak makan garam dalam urusan Pilkada.

Melihat dinamika yang terjadi, apalagi pasca turunnya Tantowi Yahya ke Banten tentu ini memiliki sedikit banyak memengaruhi peta politik menjelang Pilgub, khusus di internal Partai Golkar. Dinamika internal Golkar akan semakin dinamis jika Iman Ariyadi dan Zaki Iskandar mulai ada selera untuk bisa mengambil jatah kursi Gubernur ataupun Wakil Gubernur Banten.  

Kesiapan Airin
Dalam kampanye Walikota Tangerang Selatan beberapa waktu lalu, Airin menyatakan secara tegas di depan massa bahwa dirinya siap menerima jabatan kepala daerah. "Terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung pencalonan saya pada masa lalu, sekarang dan yang akan datang," demikian dikatakan Airin secara lantang. Berikut kutipan Airin saat kampanye Walikota Tangerang Selatan.














Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com