close

Februari 28, 2016

Ingat, Anda Juga Punya Pesaing





Salah satu cara yang baik untuk mulai menghadapi persaingan adalah melalui program pemasaran yang dirancang secara kreatif dan dilaksanakan dengan baik. 
- Philip Kotler -

Setiap produk tentu akan memiliki pesaing, yang harus kita pikirkan dan hadapi. Persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang lumrah dan mesti kita hadapi. Hakikat hidup adalah persaingan, demikian kata orang bijak yang sering kita dengar.

Dalam konteks menjual diri pun kita akan menghadapi persaingan. Boleh jadi pesaing kita telah lebih awal dikenal publik ataupun pesaing yang baru tahap perencanaan. Apapun kategori pesaing kita harus kita hadapi dan berupaya optimal untuk memenangkan persaingan dengan sehat dan profesional.

Sebelum kita membuat konsep menghadapi persaingan, kita harus melakukan identifikasi pesaing. Menurut dosen periklanan saya di Universitas Mercu Buana, Jakarta, Hardiyanto, yang dinamakan pesaing itu kalau produk dan pasarnya sama. 

Jadi, kalau kita memilih menjadi psikolog tentu pesaing kita adalah para psikolog, kalau kita memilih menjadi motivator tentu pesaing kita juga adalah para motivator, kira-kira seperti itulah cara sederhana untuk mengidentifikasi pesaing.

Menurut Philip Kotler, kita diminta memerhatikan tiga variabel ketika menganlisa pesaing. Ketiga variabel itu adalah pangsa pasar (share of market), pangsa pasar (share of mind) dan pangsa hati (share of heart). 

Jadi, kalau kita mau diri ini laku keras (emangnya batu) maka harus memerhatikan ketiga variable yang dinasehati pakar pemasaran alumni University of Chicago itu.

Pada tulisan ini kembali saya ingin menyampaikan bahwa gagasan, ide dan diri kita adalah merek. Jadi perlakukanlah diri kita sebagaimana sebuah merek sebuah produk. Untuk mampu bersaing dengan orang lain maka kita harus tahu kelebihan dan kelemahan pesaing untuk dijadikan bahan dalam menyusun strategi. 

Gagasan yang kita jual ke publik, ide kita yang dilempar ke pasar atau ”diri” kita yang dipajang di loket-loket pasar harus betul-betul bersaing.

Untuk bersaing, diri kita harus memiliki branding yang jelas sebagai pembeda dengan produk lain dalam hal ini adalah gagasan orang lain. Mengenai branding sudah ada dalam tulisan saya tentang branding. 

Intinya kita jangan pernah merasa sendiri dalam menjual gagasan, masih ada ribuan dan jutaan orang menjual produk yang sama dengan kita. Ini penting kita sadari supya kita betul-betul mampu menjadi diri yang bersaing, selamat mencoba


Penulis,
Karnoto, Penghuni Blog









Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com