close

Juni 14, 2018

Kesucian dan Kemenangan


Jarang dalam sebuah peristiwa kemenangan diiringi kesucian, tetapi itu kita temukan pada Hari Raya Idul Fitri. Dua hal penting dalam hidup manusia inilah hadir dalam satu titik, itulah kenapa terasa berbeda menggemanya dibandingkan kemenangan yang lain.

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Takbir sembagi simbil kebesaran Allah SWT dilantunankan umat Islam di seluruh dunia. Semua tunduk, taat dan mengakui bahwa Allah SWT memang maha besar. Kata atau kalimat apa di dunia yang sanggup mengalahkan Allahu Akbar.

Nurani setiap insan pasti mengakui hal ini, meski terkadang masih ada yang tertutupi oleh noda sehingga menghalangi pengakuan bahwa Allah Maha Besar. Inilah hari kemenangan sekaligus hari kesucian karena di hari ini umat Islam dibersihkan dan harus membersihkan dosa sesama manusia.

Inilah hakikat kemenangan yang sesungguhnya, kemenangan yang dibalut oleh kesucian pada diri manusia dari noda - noda dan bercakan dosa, baik dari lisan, tingkah laku maupun bisikan hati yang sering tidak sejalan dengan nurani.

Ini adalah hari istimewa, bukan saja bagi muslimin di se dunia, tetapi bagi umat lain karena hari ini tak ada dan tak boleh ada kata cacian, makian dan hinaan. Banggalah sebagaian umat Islam karena rupanya Allah SWT tahu betul bahwa manusia pasti melakukan perbuatan khilaf dan dosa.

Pada hari ini berhenti total dari fikiran yang menyakitkan, dari perasaan bermusuhan dan saling memaafkan menjadi kalimat yang serempak diungkapkan. Inilah hari dimana umat manusia melakukan pengakuan bahwa tak layak menyombongkan diri karena ternyata itu adalah pakaian Allah SWT.

Pada hari ini kita merasa tak pantas memakai pakaian itu, karena terlalu besar untuk kita kenakan. Semoga Hari Raya Idul Fitri ini bisa menjadi kesadaran kolektif bahwa hanya Allah SWT yang Maha Besar, tak ada mahluk yang bisa menandingiNya.

Selamat Idul Fitri,
Mohon Maaf Lahir dan Batin

Kota Serang, Banten, 1 Syawal 1439 Hijriah
Karnoto dan Keluarga








Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com