close

September 15, 2019

Personal Branding Para Hijabers

Geliat hijrah di Indonesia semakin tidak terbendung, apalagi dengan hijrahnya sejumlah public figure tanah air terutama para seleberitis. Dalam konteks perubahan, hal ini sudah pernah diprediksi oleh Yuswohady dalam bukunya Marketing The Middle Class Muslim beberapa tahun lalu.

Pada tulisan kali ini saya tidak ingin membahas fenomena hijrah dalam konteks spiritual, melainkan ingin mengulas personal branding para hijabers. Dalam pengamatan saya, disadari atau tidak mereka telah melakukan personal branding sebagai seorang muslimah.

Indikasi ini bisa dilihat dari aktivasi branding yang mereka lakukan dengan mengenakan simbol muslimah, seperti hijab dan niqab (cadar). Aktivasi ini semakin diperkuat dengan aktivasi lain seperti konten sosial media para hijabers yang selaras dengan personal branding mereka sebagai seroang muslimah.

Konten upload sosial media mereka sangat kental sekali dengan identitas personality yang melekat dalam diri mereka. Tak hanya konten, komunikasi visual seperti foto dan video merekapun sarat dengan aktivasi branding sebagai seorang muslimah.

Dalam teorinya, branding personal seseorang akan stag jika aktivasi yang dilakukan tidak selaras dengan brand personalitynya. Misalkan, hijabers stylish yang justru menampilkan kekakuan dalam sisi penampilan. Ini yang saya maksudkan antara brand personal dengan aktivasi brandingnya tidak selaras.

BACA JUGA:
Persepsi Diri, Dari Sinilah Personal Branding Dimulai
Jasa Konsultan Branding
Channel Bisnis Indonesia

Sering saya tuliskan bahwa branding itu sebuah proses dimana didalamnya ada public relation, komunikasi visual, advertising, event dan tools - tools lainnya yang harus selaras dengan brand itu sendiri. Jika tidak selaras maka yang terjadi brand terserbut akan kabur karena tidak jelas visualnya seperti apa.

Dalam konteks para hijabers, sejauh yang saya amati dengan melihat foto dan video yang mereka upload masih on the track. Contohnya ada seorang hijabers stylish maka akan diikuti sejumlah konten, video dan foto yang menunjukan atau memantapkan mereka sebagai sosol hijabers stylish.

Ada pula seorang hijabers energik, hijabers serius dan hijabers cerdas. Para hijabers yang saya ceritakan dia tas tinggal menyisakan satu pekerjaan rumah yaitu konsisten dengan personal brand mereka.

Penulis,
Karnoto, Penghuni Blog









Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com