close

Oktober 09, 2019

Tiga Hal Sebelum Membuat Iklan

Siapa pengusaha yang tak pernah beriklan, saya yakin semua pebisnis pernah beriklan hanya saja tingkat profesionalitasnya yang berbeda. Bahkan tak hanya produk komersial, produk non komersialpun melakukan ini.

Pertanyaanya adalah sejauhmana efektivitas iklan yang telah Anda lakukan. Ini pertanyaan penting karena biaya iklan lumayan. Ada kesalahan yang sering dilakukan para pemasang atau pembuat iklan yaitu menyamakan iklan itu sendiri, padahal setiap produk memiliki positioningnya masing - masing dan ini memengaruhi konten iklan yang dibuat.

Inilah yang akan saya jelaskan pada tulisan kali ini. Ada tiga level iklan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan membuat iklan. Level ini akan memengaruhi konten iklan yang akan dipublikasikan kepada calon customer.

Level pertama adalah IKLAN INTRODUCTION, level ini dilakukan bagi brand - brand baru karena tujuan iklan ini adalah membangun awarnness atau kesadaran calon customer bahwa ada produk A, B dan C.

Jadi kalau produk Anda baru maka pakailah iklan introduction atau pengenalan sebagai tools untuk membangun kesadaran kepada calon customer. Level kedua adalah IKLAN PERSUASIF, inilah level dimana iklan Anda sudah berisi konten yang sifatnya ajakan kepada calon customer untuk membeli produk yang Anda iklankan.

Dan terakhir adalah IKLAN REMINDER, level iklan ini dilakukan pada brand - brand lama yang kuat dan memiliki customer loyalis. Mereka jarang beriklan karena brandnya telah kuat, tetapi mereka tetap beriklan hanya saja kontenya bersifat reminder atau mengingatkan customer.

Itulah tiga level yang harus Anda ketahui sebelum membuat iklan sehingga iklan yang Anda buat dan publikasikan akan tepat sasaran, karena hakikat iklan adalah cara kita melakukan komunikasi dengan calon customer.

Dan dalam melakukan komunikasi maka ada pesan yang ingin kita sampaikan kepada calon customer. Pesan itu bisa berupa diskon, beasiswa, bonus dan value lain brand kita. Inilah yang saya lakukan di MAHARTI BRAND (Klik Disini untuk Melihat Detail), lembaga konsultan brand yang saya dirikan saat ini.

Sebab kalau kita menyamakan semua iklan maka akan membuat rancu untuk mengukur sejauhmana iklan Anda bekerja optimal karena setiap iklan memiliki target yang berbeda dan ini memengaruhi konten iklan. Misalkan kita punya produk baru tapi iklan yang dibuat iklan reminder maka iklan itu tidak akan bekerja efektif.

Penulis,
Karnoto









Contact Us

WhatsApp :

+62 859 210 290 49

Home :

Banjar Agung Indah Blok F44, No.6 Cipocok Jaya,
Kota Serang, Banten

Email :

karnotogw@gmail.com